Gebyar Pementasan Drama Mahasiswa

drama

Senin, 12 Desember 2022, Mahasiswa semesterĀ  V Program Strudi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK,) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) menyelenggarakan pementasan drama untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Apresiasi Drama. Gebyar pementasan drama dilaksanakan di Lantai 6 gedung Arief Mustaqiem UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pementasan dilakukan oleh seluruh mahasiswa semester 5 mulai dari kelas TBIN A, B, dan C yang dibagi menjadi beberapa kelompok teater yaitu diantaranya adalah kelompok Teater Guinandra Shaka, Teater Republik Tentram,Teater Rumah Timur Production,Teater Rajapatni, Teater Arunika, danTeater Swastamita. Dalam pagelaran tersebut setiap kelompok teater menyuguhkan pementasan drama dengan berbagai tema, ada yang bertemakan drama kolosal atau tradisional, ada juga yang menyajikan drama dengan tema modern. Beberapa judul drama yang disajikan yaitu diantaranya adalah Roro Semprul, Timun Mas dan Raksasa, Darma Suci Gayatri, Perempuan Bumi Putra, Titipan Dunia yang Fana, dan Pamrih. Seluruh pementasan drama tersebut dilaksanakan penuh dalam satu hari yang dimulai pukul 12.30 WIB sampai pukul 16. 30 WIB dan disaksikan oleh mahasiswa UINH Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

 

drama2

Pagelaran drama tersebut dilaksanakan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah apresiasi drama dengan perencanaan dan persiapan yang telah disusun sedemikian rupa sebelumnya. Setiap kelompok teater memiliki tim produksi dan tim nonproduksi (Tim artistik) di dalamnya. Dalam pementasan tersebut mulai dari penyutradaraan, persiapan, perlengkapan tata panggung, tata lampu, tata suara, tata busana, tata rias, pemilihan naskah, pemilihan aktor, serta latihan pementasan drama dan lain sebagainya dipersiapkan sendiri oleh mahasiswa yang dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah yaitu Dian Risdiawati, MPd. Tak sebatas sebagai kegiatan untuk memenuhi tugas akhir, pagelaran drama ini dilaksanakan Setiap mahasiswa dalam kelompok teaterĀ  saling bekerja sama dan dengan sungguh-sungguh mencurahkan perhatian ke dalam persiapan serta pelaksanaan pementasan drama ini. Selain itu, pementasan drama bertujuan untuk melatih mahasiswa dan memberikan pengalaman mahasiswa untuk bisa terjun langsung ke dalam kegiatan pementasan drama mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Gebyar pementasan drama berhasil dilaksanakan dengan memuaskan dan melebihi ekspektasi. Setiap kelompok teater dari Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia semester V tersebut menampilkan pementasan drama yang berkualitas dengan alur cerita dan akting aktor yang luar biasa juga didukung oleh tata lampu, tata suara, tata rias, tata panggung, tata busana, dan lain sebagainya yang telah dipersiapkan dengan maksimal sehingga dalam pementasan tersebut menampilkan sebuah pertunjukan drama yang sangat baik. Dian Risdiawati, MPd selaku dosen pengampu mata kuliah Apresiasi Drama di akhir perkuliahan menyampaikan terima kasih juga rasa bangganya terhadap mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia yang telah menyuguhkan pementasan drama yang sangat baik dan berkualitas. Setiap mahasiswa dan kelompok mampu bekerja sama dan gotong royong sehingga terciptalah sebuah gebyar pementasan drama yang luar biasa. Harapannya, mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia bisa terus berkreasi dengan kreatif menyuguhkan prestasi. Pementasan drama oleh mahasiswa terus berkembang ke depannya.