Terakreditasi Unggul, Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Gelar Rapat Kurikulum Demi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

TULUNGAGUNG – Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Tulungagung menggelar rapat kurikulum menjelang tahun ajaran baru. Rapat kurikulum digelar di lantai 2 mulai Gedung Arief Mustaqiem pada Jumat, 28 Mei 2024 pukul 09.30 WIB.

Rahmawati Mulyaningtyas, Koorprodi Tadris Bahasa Indonesia menjelaskan rapat kurikulum kali ini memiliki urgensi untuk meninjau kelmbali daftar mata kuliah yang akan diajarkan kepada mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia. Tadris Bahasa Indonesia memiliki beberapa fokus rumpun mata kuliah di bidang pendidikan bahasa Indonesia.

“Prodi TBIN memiliki beberapa fokus mata kuliah sesuai bidangnya masing-masing, mulai dari bidang pembelajaran kebahasaan, bidang keterampilan berbahasa dan sastra, bidang kajian penelitian dan pengabdian hingga bidang peminatan dan pengembangan diri,” jelasnya.

Dosen yang akrab disapa Bu Tyas itu juga menjelaskan prodi Tadris Bahasa Indonesia memiliki dua jenis peminatan bagi kepakaran mahasiswa yakni peminatan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan peminatan pewara.

Rapat kurikulum kali ini menghasilkan mufakat berupa pembagian daftar mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia dari semester I hingga VII.

Langkah ini ditempuh prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Tulungagung demi meningkatkan kualitas prodi, khususnya di bidang pendidikan serta Tridarma Perguruan Tinggu pasca mendapatkan predikat unggul dari asesor lamdik.