Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Tulungagung Tingkatkan Kolaborasi dengan IKAPROBSI Jatim

SURABAYA – Program Studi Tadris Bahasa Indonesia di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung memperkuat kemitraannya dengan Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) Jawa Timur dalam Rapat Kerja (Raker) yang diadakan di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Acara ini dilaksanakan di Auditorium Gedung T2 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNESA dan dihadiri oleh 24 pimpinan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dari berbagai universitas di Jawa Timur, baik swasta maupun negeri, dengan tujuan untuk memperkuat kolaborasi dan meningkatkan kualitas program studi di wilayah tersebut.

Anas Ahmadi, Ketua IKAPROBSI Jawa Timur, menjelaskan bahwa dua agenda utama dalam pertemuan ini adalah penandatanganan nota kesepahaman dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) dan IA (Implementation Agreement), serta penyusunan draft program kerja IKAPROBSI.

“Agenda pertama adalah penandatanganan nota kesepahaman berupa MoU dan IA, dan yang kedua adalah menghasilkan draft program kerja IKAPROBSI,” ungkap Anas. Kerja sama ini mencakup beberapa inisiatif utama seperti pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian, dan publikasi bersama.

Sebagai tuan rumah, UNESA menekankan pentingnya sinergi dalam menjalankan program kerja yang telah disepakati.

“Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA akan berusaha menciptakan kebersamaan dalam merealisasikan program kerja, meningkatkan kualitas program studi, dan menjalankan kegiatan-kegiatan kolaboratif,” ujar Anas Ahmadi, yang juga merupakan guru besar di bidang kritik sastra Indonesia di UNESA.

Suhartono, Wakil Sekjen II IKAPROBSI Pusat, menyampaikan bahwa Raker ini merupakan kelanjutan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Internasional yang sebelumnya digelar di Lombok.

“Kegiatan ini diarahkan untuk memperkuat kerja sama dalam berbagai program kolaboratif. Salah satu kegiatan yang akan segera dilaksanakan adalah seminar nasional atau srawung akademik setiap bulan,” jelas Suhartono.

Ia juga menekankan pentingnya keselarasan antara IKAPROBSI wilayah Jawa Timur dan pusat agar seluruh program kerja dapat terlaksana dengan baik.

Didik Nurhadi, Wakil Dekan 1 Bidang Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kemahasiswaan dan Alumni FBS UNESA, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan acara ini. Ia menggarisbawahi pentingnya kontribusi bersama dalam memberikan pengalaman di luar kampus kepada mahasiswa.

“Kita maju bersama, kita berikan pengalaman di luar kampus masing-masing untuk saling bekerja sama. Kerja sama yang dibahas dalam rapat kerja kali ini adalah kerja sama yang akan menghasilkan timbal balik yang positif,” ujar Didik.

Rahmawati Mulyaningtyas, Koorprodi Tadris Bahasa Indonesia dari UIN SATU Tulungagung, menambahkan bahwa kemitraan yang baik di bawah naungan IKAPROBSI, terutama dalam riset kolaboratif, sangat penting untuk pengembangan studi bahasa Indonesia. “Semoga tercipta kemitraan yang baik di bawah naungan IKAPROBSI, khususnya dalam riset kolaboratif.

Riset kolaboratif ini bisa menghasilkan inovasi baru dan membantu meningkatkan kapasitas peneliti dalam bidang bahasa Indonesia,” ucap Rahmawati. Ia juga menekankan bahwa kegiatan semacam ini berperan penting dalam melestarikan dan mengembangkan budaya, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia.

Dengan komitmen yang kuat terhadap kolaborasi, Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Tulungagung berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan studi bahasa dan sastra Indonesia di Jawa Timur. Melalui berbagai program strategis yang akan dilaksanakan, kerja sama ini diharapkan tidak hanya memperkuat kemampuan akademisi, tetapi juga membawa inovasi dan solusi baru yang bermanfaat bagi dunia pendidikan, khususnya di bidang bahasa dan sastra Indonesia.