Tadris Bahasa Indonesia Gelar Seminar Linguistik Keterampilan Berbahasa Indonesia MI dan SD

TULUNGAGUNG – Prodi Tadris Bahasa Indonesia menggelar seminar linguistik yang fokus pada keterampilan berbahasa Indonesia bagi jenjang MI dan SD. Kegiatan ini diselenggarakan pada 23 Mei 2023 secara daring via Google Meet.

Pemateri pada kesempatan ini adalah Dr. Andi Asrifan dari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan dengan moderator Dian Etikasari, dosen Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU.

Dalam kesempatan ini Andi Asrifan menjelaskan pentingnya mempelajari linguistik bagi mahasiswa calon guru bahasa Indonesia.

“Sebagai seorang guru bahasa Indonesia perlu mempelajari linguistik, karena dengan mempelajari linguistik,” kata dia.

Andi juga menerangkan, kondisi tersebut, sangat penting bagi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU Tulungagung dalam mewadahi mahasiswanya untuk mempelajari bahkan mata kuliah linguistik.

Terlebih, mata kuliah rumpun linguistik merupakan mata kuliah wajib guru bahasa Indonesia.

Kegiatan ini membuat seluruh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia yang hadir lebih paham tentang keberadaan penting ilmu linguistik.

“Mahasiswa memiliki peran penting untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat demi menjadikan negara Indonesia yang lebih maju salah satunya dengan sebagai seorang guru bahasa Indonesia yang baik,” terang dia.