Semarak Bulan Bahasa, TBIN Gelar Pemilihan Duta Bahasa 2023

Tulungagung—Menyemarakkan kegiatan bulan bahasa tahunan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU menggelar pemilihan duta bahasa tahun 2023.

Sejak Senin, 9 Oktober 2023 bakal calon duta bahasa telah mengikuti rangkaian kegiatan karantina untuk memperluas wawasan dan keterampilan berbahasa. Kegiatan ini sekaligus bertujuan memberikan pelatihan dan pembekalan dalam mendukung tugas-tugas kedutaan nantinya. Dalam kegiatan ini para peserta calon kandidat duta bahasa mendapatkan materi seputar kedutaan yang disampaikan oleh Mahira Diva selaku Duta Batik Kota Blitar. Selain itu, juga mendapatkan materi seputar public speaking yang disampaikan oleh Ziyana Mumtaza selaku Duta UIN Satu.

“Siapapun duta bahasa yang terpilih semoga siap mengabdi pada prodi kita, serta memiliki ketangguhan dan kecakapan dalam beretika dan berwawasan,” terang Muhammad Izzul Haq atau yang sering dipanggil Izzul, Ketua HMPS TBIN.

Puncak acara digelar pada Selasa, 10 Oktober 2023 bertempat di Aula Arief Mustaqiem lantai 6. Hadir pada kesempatan ini Kooprodi Tadris Bahasa Indonesia, dosen, para juri, dan mahasiswa dari berbagai angkatan untuk memberikan dukungan penuh kepada kandidat pilihan masing-masing.

Acara bertajuk ‘Mengaktualisasikan Budaya dalam Aksara Trigatra’ ini dibuka oleh Koorprodi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) UIN SATU, Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Pada kesempatan ini dosen yang akrab disapa dengan Bu Maulida ini memaparkan arti penting kebudayaan di kalangan milenial.

“Salah satu faktor penentu kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah bahasa. Bahasa dan sastra yang juga merupakan bagian dari produk budaya harus berjalan beriringan,” terangnya.

Penjurian pada puncak acara terbagi dalam dua sesi, yaitu unjuk bakat dan tes lisan. Hadir sebagai juri yaitu Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd dan Arista Nur Rizki, M.S selaku dosen Tadris Bahasa Indonesia. Selain itu juga melibatkan Elis Furnawati dan Fahmi Ramadani selaku Duta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)  UIN SATU 2022.

Setelah melewati tahap-tahap penjurian, duta terpilih dimenangkan oleh Muhamad Habib Al Anshori dan Dwi Ariyanti. Sementara itu, duta berbakat diraih oleh Lukman Setiawan dan Muntik Latifatunnadhiroh.

Kegiatan yang digelar sejak pagi hingga sore hari itu berlangsung meriah. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata kepada dewan juri, penyematan penghargaan kepada para pemenang serta ditutup dengan sesi foto bersama.