Tadris Bahasa Indonesia Lakukan Evaluasi Pembelajaran dan Persiapan Jelang Awal Semester Ganjil 2020

TULUNGAGUNG-  Senin, 31 Agustus 2020, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia sukse melaksanakan rapat persiapan semester ganjil dan evaluasi tridharma dosen Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) di Ruang Rapat Dosen Gedung Arief Mustaqiem, yang dipimpin oleh Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd., Kajur Tadris Bahasa Indonesia.

Dalam rapat yang dihadiri oleh para dosen Tadris Bahasa Indonesia tersebut, beberapa hal penting telah dibahas dan diputuskan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan tridharma dosen TBIN di lingkungan IAIN Tulungagung. Pertama, terkait dengan persiapan semester ganjil, disepakati bahwa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) wajib dikumpulkan di jurusan paling lambat 1 minggu sebelum perkuliahan dimulai.

Selain itu, setiap dosen diwajibkan memanfaatkan platform e-learning IAIN Tulungagung untuk mendukung pembelajaran secara daring. Jurnal perkuliahan juga harus diunggah secara berkala pada web SIPOLTA IAIN Tulungagung dengan batas akhir unggah setiap tanggal 5 awal bulan. Selanjutnya, diskusi ilmiah bersama mahasiswa juga akan dilaksanakan secara berkala setiap semester.

Kedua, terkait evaluasi pelaksanaan tridharma dosen TBIN, seluruh dosen diwajibkan untuk melaksanakan pengabdian masyarakat, meskipun saat ini kegiatan tersebut dilakukan secara daring, seperti mengisi seminar online. Pentingnya adanya bukti kegiatan tridharma, seperti sertifikat, foto, atau laporan pertanggungjawaban (LPJ), juga ditekankan. Selain itu, dosen TBIN diharuskan untuk melaksanakan penelitian baik mandiri maupun dengan menulis karya ilmiah seperti jurnal ilmiah atau buku. Partisipasi dalam kegiatan webinar juga diwajibkan untuk meningkatkan kompetensi dosen TBIN.

Diharapkan dengan adanya rapat ini, kualitas pembelajaran dan pelaksanaan tridharma dosen TBIN di IAIN Tulungagung dapat terus meningkat, memberikan dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pelayanan kepada masyarakat.