Seminar Pengembangan Kurikulum Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung, Gencarkan Revolusi Pendidikan

TULUNGAGUNG – Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung menggelar seminar kurikulum demi menggencarkan revolusi pendidikan. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring dengan tema “Revolusi Pendidikan: Arah Baru dalam Pengembangan Kurikulum untuk Masa Depan yang Berkelanjutan.”

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 19 November 2020 secara daring menghadirkan narasumber Prof. Dinn Wahyudin dari HIPKIN sekaligus dosen Universitas Pendidikan Indonesia. Dijelaskan mengenai pentingnya revolusi pendidikan dalam merespons transformasi mendalam sesuai kehidupan sosial, ekonomi serta teknologi.

Globalisasi telah membawa dunia lebih dekat, mempercepat aliran informasi, dan menciptakan tantangan baru yang memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang lebih luas, jelasnya.

Dia menekankan, isu-isu lingkungan, keberlanjutan, dan perubahan iklim menambah kompleksitas dalam perspektif pendidikan, mendorong perlunya penyesuaian kurikulum untuk menciptakan generasi yang peduli terhadap masalah-masalah global. Seminar kurikulum ini merupakan katalisator bagi perubahan positif.

“Pengembangan kurikulum tidak lagi hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga mengenai pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang relevan dengan kebutuhan masa depan,” terang dia.

“Metode pengajaran inovatif, penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta pendekatan holistik yang memperhitungkan aspek-aspek psikologis, sosial, dan lingkungan dalam proses pembelajaran sangat mendukung terciptanya kurikulum yang baik,” kata dia.

Seluruh peserta yang hadir diarahkan untuk menciptakan ruang diskusi tentang integrasi nilai-nilai keberlanjutan dalam kurikulum.

Keberlanjutan bukan hanya tentang pelestarian lingkungan, tetapi juga tentang menciptakan masyarakat yang adil dan inklusif.

Peserta yang hadir mendapatkan pandangan-pandangan baru, strategi inovatif, dan kerangka kerja yang dapat membimbing pengembangan kurikulum menuju masa depan yang berdaya saing.