Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung Peroleh Wawasan Penulisan Kreatif

TULUNGAGUNG – Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung menggelar wawasan penulisan kreatif dengan menghadirkan Heru Kurniawan pada 10 April 2021. Kegiatan yang dihadiri mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung itu diselenggarakan di Gedung KH Arief Mustaqim.

Dalam kesempatan ini, Heru Kurniawan selaku dosen dari UIN Saizu Purwokerto menjelaskan hakikat menulis bagi seluruh mahasiswa.

“Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia,” kata dia.

Heru menjelaskan fakta di lapangan yang terjadi saat ini, tidak banyak mahasiswa yang memiliki kompetensi menulis secara profesional meskipun mata kuliah keterampilan menulis telah diberikan baik secara teori maupun praktik.

“Kegiatan menulis merupakan salah upaya membudayakan literasi di samping kegiatan lainnya dan budaya literasi merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan,” terangnya.

Heru juga memaparkan terkait adanya dua jenis kegiatan menulis, yaitu menulis kreatif dan menulis ilmiah.

“Kedua jenis kegiatan menulis tersebut seharusnya dikuasai oleh mahasiswa jurusan TBIN. Sesuai dengan profil lulusan, mahasiswa jurusan TBIN sebagai pendidik pemula (calon guru) harus memiliki keterampilan-keterampilan khusus yang terkait dengan pendidikan kebahasaan,” jelasnya.

Seminar ini berhasil menggugah motivasi mahasiswa TBIN agar memiliki minat pada keterampilan khusus, salah satunya adalah menulis.

“Pelatihan penulisan kreatif merupakan salah satu keterampilan khusus yang dipilih untuk merealisasikan keterampilan tersebut,” terang Heru.

Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung yang hadir terlihat antusias mengikuti acara ini. Mahasiswa juga mendapatkan bekal untuk dapat survive menghadapi Era Disrupsi.