Diskusi Literasi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU: Bedah Buku “Laut Bercerita” Karya Leila S. Chudori

TULUNGAGUNG-Bedah buku “Laut Bercerita” Karya Leila S. Chudori adalah sebuah acara yang diadakan untuk membahas dan menganalisis karya sastra tersebut. Acara ini diadakan pada tanggal 13 November 2021 pukul 10.00 hingga selesai, dilaksanakan secara daring.

Narasumber dalam bedah buku ini adalah Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd.dan Wahyu Andika seorang mahasiswa TBIN sebagai moderator. Acara ini dihadiri oleh sejumlah partisipan, termasuk mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia dan juga dari jurusan lain.

Bu Tyas menjelaskan Laut Bercerita mengisahkan keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasakan kekosongan di dada.

“Terdapat juga cerita sekelompok orang yang gemar menyiksa dan lancar berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan makam anaknya, dan tentang cinta sejati,” jelasnya.

Acara bedah buku terbagi menjadi beberapa sesi. Sesi pembukaan dimulai dengan pengantar singkat tentang karya “Laut Bercerita” dan latar belakang penulisnya. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi inti, yaitu pembahasan mendalam tentang tema, alur, karakter, dan gaya penulisan dalam buku tersebut.

Partisipan aktif berdiskusi dan bertanya kepada narasumber untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang karya tersebut.

Setelah sesi inti, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana partisipan dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan pendapat mereka tentang karya tersebut. Diskusi ini menciptakan suasana belajar yang interaktif dan memungkinkan partisipan untuk saling berbagi pandangan.

Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari pembahasan yang telah dilakukan dan mengajak partisipan untuk memberikan feedback tentang acara bedah buku ini. Acara ditutup dengan doa dan semua partisipan merasa puas dengan pengetahuan dan wawasan baru yang mereka dapatkan tentang “Laut Bercerita” karya Leila S. Chudori.