Bimbingan Teknis Kepewaraan Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU: Hanggaladhi Kaweruh Pewara, Hangleluri Budaya Jawa

TULUNGAGUNG – Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU menggelar bimbingan teknis kepewaraan dengan tajuk Hanggaladhi Kaweruh Pewara, Hangleluri Budaya Jawa dengan mengundang narasumber budayawan asli dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Kegiatan Bimbingan Teknis Kepewaraan dengan tema “Hanggaladhi Kaweruh Pewara, Hangleluri Budaya Jawa” itu dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 22 Juni 2022 di gedung Arif Mustaqim UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Pemateri kegiatan ini adalah R.M.R.P Restu Budi Setyawan selaku Sentana Dalem Keraton Surakarta juga K.R.T Shidiq Dwijonagoro. Dalam kesempatan ini dijelaskan mengenai peran penting mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat.

“Mahasiswa memiliki peran penting untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat demi menjadikan negara Indonesia yang lebih maju salah satunya dengan adanya pelatihan kepewaraan ini,” jelas R.M Restu.

Menurutnya, mahasiswa harus aktif mengembangkan potensinya dengan menuangkan pikirannya ke dalam suatu puisi.

“Tidak sepantasnyalah bila mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya,” kata dia.

“Mahasiswa bukan lagi tugasnya hanya belajar di dalam ruangan kelas, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah. Mahasiswa merupakan jembatan antara teori dan realitas dengan makin luas wawasan sehingga akan mampu untuk menjadi problem solver,” terang R.M Restu Budi.

Dia berharap, seluruh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU khususnya yang mengambil peminatan kepewaraan mampu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mampu mengembangkan skillnya, khususnya menjadi modal berharga bagi seorang MC.