Gencarkan Pembelajaran Inovatif, Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Gelar Pameran Media Ajar

TULUNGAGUNG – Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar kegiatan bertajuk pameran media bahan ajar. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung L Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada 22 Agustus 2023. Pameran ini merupakan wujud implementasi inovasi bahan ajar dari perkuliahan media yang diampu oleh Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd.

Menurut dosen yang akrab disapa Bu Tyas ini, inovasi pembelajaran sangat penting untuk menunjang kelancaran siswa dalam memahami materi khususnya bahasa Indonesia. Selain itu, agenda ini juga menjadi ajang kreasi mahasiswa dalam menumbuhkan semangat belajar mahasiswa TBIN.

“Inovasi pembelajaran ini penting untuk menunjang kelancaran belajar, serta menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam mengolah bahan ajar agar menarik,” kata Bu Tyas.

Kegiatan inovasi pembelajaran melalui agenda pameran ini juga menjadi syarat agar mahasiswa memahami tujuan pembelajaran demi meningkatkan prestasi belajar anak. Beberapa pameran bahan ajar yang digelar dalam kegiatan ini menampilkan blended learning, collaborative learning maupun game-based learning. Mahasiswa TBIN tidak hanya menghasilkan media konvensional, tetapi juga media pembelajaran digital yang dapat memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi.


Bu Tyas kembali menambahkan, inovasi media pembelajaran harus memiliki sifat up to date agar tepat guna dalam memecahkan persoalan pembelajaran. Menurutnya, ajang ini dapat meningkatkan minat belajar siswa karena lebih seru dan interaktif.


“Kegiatan ini mampu memecahkan persoalan pembelajaran dalam meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik dan meningkatkan antusiasme siswa. Kegiatan semacam ini perlu terus digelar dan ditingkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas pesertanya,” pungkasnya.