Tadris Bahasa Indonesia Tingkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Rapat Evaluasi Persiapan Awal Semester

TULUNGAGUNG– Sabtu, 15 Februari 2020 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung sukses melaksanakan agenda rutin setiap  awal semester yang dipimpin oleh Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd., selaku Kajur Tadris Bahasa Indonesia. Rapat ini dihadiri seluruh dosen Tadris Bahasa Indonesia untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pembelajaran dan tridharma dosen di kampus.

Dalam rapat tersebut, terungkap beberapa hal penting. Pertama, kendala masih terjadi dalam pengumpulan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Genap di ruang jurusan, dengan beberapa RPS belum sesuai format yang ditentukan. Namun, sisi positifnya, dosen telah menerapkan berbagai metode pembelajaran, termasuk metode blended learning, sesuai dengan kebutuhan pembelajaran online.

Selanjutnya, pentingnya pelaksanaan diskusi ilmiah antara dosen dan mahasiswa secara rutin untuk mempublikasikan hasil penelitian dosen TBIN menjadi sorotan. Program Diskusi Literasi (DIKSI) mahasiswa juga diangkat sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan literasi akademik.

Dalam aspek tridharma dosen, terdapat beberapa poin yang penting. Setiap dosen diwajibkan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, dengan dana yang disediakan oleh fakultas. Dosen TBIN juga diinstruksikan untuk membuat minimal satu karya ilmiah setiap tahun untuk mendukung akreditasi program studi.

Selain itu, roadmap penelitian telah dijalankan dengan baik, sesuai dengan bidang keilmuan prodi, yang memungkinkan fokus kepakaran masing-masing dosen. Peran mahasiswa dalam pengabdian dan penelitian dosen TBIN juga ditekankan agar dimaksimalkan, dari pemilihan topik hingga publikasi hasil penelitian.

Harapannya, evaluasi ini akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan tridharma dosen Tadris Bahasa Indonesia di IAIN Tulungagung, serta mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan pelayanan kepada masyarakat.