Seminar Apresiasi Puisi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung: Mengapresiasi Sastra Lewat Puisi

TULUNGAGUNG – Prodi Tadris Bahasa Indonesia menyelenggarakan seminar apresiasi puisi dengan tema “Mengapresiasi Rasa Lewat Puisi” yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 5 Mei 2020.

Kegiatan ini mengundang narasumber Prof. Dr. Abdul Wachid dari UIN Saizu Purwokerto, seminar diselenggarakan secara daring. Dijelaskan oleh Prof. Abdul Wachid, bahwa mahasiswa memiliki peran penting untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat demi menjadikan negara Indonesia yang lebih maju salah satunya dengan pembuatan karya puisi.

Menurutnya, mahasiswa harus aktif mengembangkan potensinya dengan menuangkan pikirannya ke dalam suatu puisi.

Mahasiswa adalah anggota dari suatu masyarakat dengan tanggung jawab terhadap ilmu dan masyarakat yang melekat pada dirinya sesuai dengan “Tridharma Perguruan Tinggi”.

Bentuk apresiasi puisi merupakan wadah bagi mahasiswa dalam menggelorakan semangat bernegara dan sarana kritik pemerintah agar lebih baik lagi dalam mengembangkan negara Indonesia.

“Akan sia-sia jika mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya,” jelasnya.

“Mahasiswa bukan lagi tugasnya hanya belajar di dalam ruangan kelas, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah,” tambahnya.

Pada akhir keterangannya, narasumber memotivasi mahasiswa agar selalu memperluas wawasan dengan melestarikan karya puisi yang ada.

“Mahasiswa merupakan jembatan antara teori dan realitas dengan makin luas wawasan sehingga akan mampu untuk menjadi problem solver,” pungkas dia.