Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung Gelar Seminar Penelitian Bahasa dan Sastra

TULUNGAGUNG – Program studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung menggelar seminar penelitian bahasa dan sastra bertajuk ‘Tinjauan Mendalam: Eksplorasi Terkini dalam Penelitian Bahasa dan Sastra’ yang diselenggarakan secara daring pada Kamis, 18 Juni 2020.

Drs. Puji Santosa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini menjelaskan urgensi penelitian bahasa dan sastra di era saat ini.

“Eksplorasi riset bahasa dan sastra terkini mencerminkan sebuah kajian yang mendalam terhadap aspek-aspek terbaru dalam bidang bahasa dan sastra,” jelasnya.

Menurutnya, penelitian bahasa dan sastra mencakup evolusi, kompleksitas, dan relevansi bahasa serta sastra dalam konteks masyarakat dan kebudayaan.

Pak Puji juga menambahkan evolusi bahasa dan sastra merupakan bagian integral dari peradaban manusia yang terus berubah seiring waktu.

“Evolusi teknologi dan globalisasi telah mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan memahami karya sastra. Kajian ini akan menyoroti bagaimana bahasa dan sastra terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk perubahan dalam teknologi, politik, dan budaya,” terangnya.

Dia menjelaskan bahasa adalah sistem kompleks yang terdiri dari struktur, makna, dan fungsi yang kompleks.

Sementara sastra memperluas pemahaman kita tentang manusia, masyarakat, dan dunia.

“Bahasa dan sastra tidak hanya benda studi akademis, tetapi juga cerminan dari kehidupan nyata dan budaya manusia,” tambah dia.

Pak Puji menyoroti implikasi metodologis dan teoritis dalam penelitian bahasa dan sastra. Dalam kesempatan ini, dia memaparkan metodologi dan teori-teori yang digunakan dalam penelitian bahasa dan sastra di era kekinian.

“Pendekatan lintas-disiplin, seperti linguistik terapan, analisis sastra, dan studi budaya, akan dieksplorasi untuk memperluas pemahaman kita tentang bahasa dan sastra,” pungkasnya.