Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Tadris Bahasa Indonesia Gelar Rapat Awal Semester Genap 2021

TULUNGAGUNG– Rapat persiapan awal semester genap 2021 Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) berlangsung pada Selasa, 8 Februari 2022 dipimpin oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I, Koorprodi Tadris Bahasa Indonesia, rapat tersebut dihadiri oleh para dosen TBIN untuk membahas persiapan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran.

Dalam pembahasan pertama mengenai persiapan awal semester genap, terdapat beberapa poin yang menjadi fokus utama. Salah satunya adalah pengumpulan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan soal Ujian Tengah Semester (UTS)/Ujian Akhir Semester (UAS) melalui Google Drive, sebagai upaya untuk mempermudah pengarsipan dan aksesibilitas. Selain itu, pembuatan soal UTS/UAS harus memperhatikan bobot kesulitan soal dan penilaian jawaban, serta kesiapan dosen dalam menyediakan bahan ajar yang bervariasi, seperti PPT, jurnal ilmiah, atau aplikasi pendukung pembelajaran.

Terkait dengan pengembangan akademik, rapat juga membahas pentingnya memanfaatkan karya ilmiah dosen dan hasil penelitian/pengabdian sebagai referensi dalam pembelajaran, serta dorongan untuk kreativitas dalam pembuatan media pembelajaran. Diskusi antara dosen dan mahasiswa juga dijadwalkan untuk dilanjutkan secara tatap muka maupun daring, dengan berbagai topik pembahasan yang meliputi karya ilmiah dosen maupun mahasiswa.

Selanjutnya, evaluasi pelaksanaan pembelajaran juga menjadi perhatian serius dalam rapat tersebut. Seluruh dosen TBIN diwajibkan untuk melaporkan kegiatan tridharma dosen dan mengisi Bimbingan Kegiatan Dosen (BKD) setiap semester. Dosen juga diinstruksikan untuk melaksanakan penelitian setiap semester, baik secara mandiri maupun dengan mengikuti program penelitian BOPTN. Untuk meningkatkan kompetensi, seluruh dosen TBIN didorong untuk mengikuti kegiatan webinar/pelatihan atau diklat setiap semester.

Dengan demikian, rapat persiapan awal semester genap TBIN menggarisbawahi komitmen dan langkah-langkah antisipatif dosen dalam menghadapi tantangan pembelajaran di masa mendatang.