Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Gelar Pelatihan Mendeley dalam Penyusunan Referensi Karya Ilmiah

TULUNGAGUNG –  Jurusan Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sukses menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Mendeley dalam Penyusunan Referensi pada 12 September 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring akibat penyebaran virus Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih.

Pembicara yang dihadirkan dalam pelatihan ini yaitu ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd dengan gamblang Ibu Tyas sebagai pemateri memberikan pemahaman tentang penggunaan Mendeley.

“Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membantu dalam mengelola, menyimpan, mengatur, dan mencari referensi serta data penelitian,” kata dia.

Beberapa manfaat penggunaan Mendeley antara lain adalah kemampuannya untuk menghasilkan daftar pustaka, kolaborasi dengan peneliti lain secara daring, impor artikel, dan kemudahan dalam membuat sitasi dan daftar pustaka.

Selain itu, Mendeley juga dapat diakses dari berbagai perangkat dan dapat membantu mencegah plagiarisme. Mendeley tersedia dalam berbagai versi, termasuk Mendeley Desktop dan Mendeley Reference Manager, yang memiliki perbedaan dalam tampilan dan penggunaannya.

“Penggunaan Mendeley juga dapat diintegrasikan dengan Microsoft Word untuk memudahkan penulisan ilmiah. Langkah-langkah penggunaan Mendeley antara lain adalah mengunduh aplikasi, mendaftar, menghubungkannya dengan Microsoft Word, dan membuat sitasi,” lanjutnya.

Mendeley dapat sangat membantu mahasiswa dan peneliti dalam menyelesaikan tugas dan penelitian mahasiswa akhir.

Mendeley dapat sangat membantu dalam mengelola referensi dan data penelitian, serta mempercepat proses penyusunan daftar referensi dalam makalah atau karya ilmiah.

Peserta dalam kegiatan ini tidak hanya berasal dari mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia dan mahasiswa dari jurusan lain yang memiliki keingintahuan terhadap bidang yang dipelajari.

Peserta sangat antusias dalam menerima materi yang diberikan narasumber, hal ini ditunjukkan oleh beberapa peserta yang aktif dalam kegiatan tanya jawab. Acara ini berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala yang berarti.