Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Gelar Seminar Jurnalistik Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat MI dan SD

TULUNGAGUNG – Seminar jurnalistik sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia tingkat MI dan SD digelar oleh prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Tulungagung pada Jumat, 26 November 2021 secara daring.

Kegiatan ini mengundang narasumber Miqdarul Khoir Syarofit selaku pakar jurnalistik dan dosen dari UIN Sunan Ampel Surabaya yang memaparkan mengenai pentingnya pemahaman bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, terutama untuk siswa tingkat MI dan SD.

“Dalam era digitalisasi dan kemajuan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi dan menulis dalam Bahasa Indonesia menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh para pelajar. Oleh karena itu, penting bagi guru atau calon guru Bahasa Indonesia di MI/SD untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam mengajarkan jurnalistik kepada siswa,” jelasnya.

Seluruh peserta yang hadir mendapatkan pemahaman tentang pentingnya mengintegrasikan elemen jurnalistik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Peserta seminar juga mendapatkan wawasan baru terkait keterampilan yang dapat mereka terapkan langsung dalam lingkungan pembelajaran mereka.

“Jurnalistik penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dan membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman,” terang Miqdarul Khoir.

“Semoga guru-guru dapat memperoleh wawasan baru dalam pengajaran jurnalistik, dan siswa-siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam menulis dan berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Indonesia,” pungkas dia.