Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Gelar Webinar Inovasi Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Indonesia

TULUNGAGUNG –  Jurusan Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarakan Pelatihan Kunci Sukses Uji Kemahiran Seminar Kebahasaan Indonesia dengan tema “Kunci Sukses Inovasi Pembelajaran Lokal Karya Kemahiran Berbahasa Indonesia” pada 24 Maret 2023 secara daring.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang strategi inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam konteks lokal.

UKBI (Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia) merupakan suatu  yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Tes ini terdiri dari lima seksi, yaitu mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara.

Dalam webinar ini di sela-sela perkuliahan diharapkan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia dapat memanfaatkan wadah ini dengan semaksimal mungkin. Dilengkapi dengan penambahan skill karena dalam webinar maupun bincang santai membuka pikiran dosen dan mahasiswa untuk sharing-sharing.

Kemahiran bahasa Indonesia sangat penting bagi seorang guru bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang digunakan dalam mengajar di ruang kelas. Selain itu, guru bahasa Indonesia juga harus menguasai tata paragraf bahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun agar dapat mengantarkan mereka menjadi guru yang berbudaya dan bermartabat.

Guru-guru di Indonesia juga diharapkan untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia mereka agar dapat menyampaikan materi pelajaran dengan lebih mudah dan efektif. Dalam kemahiran bahasa juga terdapat uji yang dapat dilakukan bakal calon guru bahasa indonesia yaitu UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) adalah tes yang dapat diikuti oleh siapa saja yang merupakan penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing, untuk mengukur kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia. Semoga webinar dan bincang santai ini terus dapat dilakukan karena dengan begitu akan memberikan pemahaman bagi calon guru Bahasa Indonesia.

Pembicara utama dalam pelatihan ini adalah Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd, dosen terkemuka di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dalam presentasinya, dosen yang akrab disapa Bu Lilis menyampaikan beragam strategi dan teknik inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat diaplikasikan secara lokal.

“Beberapa contoh model pembelajaran inovatif antara lain adalah cooperative learning, problem-based learning, project-based learning, inquiry-based learning, flipped classroom, dan blended learning,” kata Bu Lilis.

Dari pemanfaatan sumber daya lokal hingga penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran, semua dirangkum dalam rangka meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia bagi peserta. Narasumber yang hadir adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia.

Mereka aktif mengikuti pelatihan dan berpartisipasi dalam diskusi serta berbagi pengalaman terkait dengan inovasi pembelajaran bahasa Indonesia di lingkungan lokal. Pelatihan ini memberikan wawasan baru dan inspirasi bagi peserta dalam mengembangkan metode pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih kreatif dan efektif di lingkungan lokal mereka.

Diharapkan, peserta dapat mengimplementasikan kunci sukses yang telah dipelajari dalam kegiatan pembelajaran mereka di masa mendatang, sehingga dapat meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia bagi generasi mendatang.