Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Dapatkan Materi Strategi dan Teknik Pembelajaran BIPA

TULUNGAGUNG – Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) mendapatkan strategi dan teknik pembelajaran BIPA mahasiswa yang dilaksanakan di Gedung KH Arief Mustaqim pada Rabu, 21 Desember 2022.

Narasumber kegiatan ini, Dr. Gatut Susanto selaku Ketua APPBIPA Jawa Timur banyak berdiskusi dengan mahasiswa, terutama menanyakan alasan mengapa mengambil jurusan bahasa Indonesia.

Dia juga memberikan motivasi betapa menariknya menjadi pengajar jurusan bahasa Indonesia bagi orang asing.

“Siapa yang ingin ke luar negeri dengan mengajarkan bahasa Indonesia bagi orang asing?,” tanya Dr. Gatut.

“Ternyata lulusan bahasa Indonesia bisa menjadi mentereng, terutama saat kita menjadi pengajar bahasa Indonesia bagi orang asing,” tambahnya.

Dalam kesempatannya, Dr. Gatut yang kini menjabat sebagai dosen tetap di Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang banyak menjelaskan strategi pembelajaran BIPA baik dari perspektif guru dan siswa.

“Strategi pembelajaran BIPA sangat penting supaya berjalan efektif, efisien dan terutama menyenangkan,” kata dia.

Pria yang pernah meraih penghargaan International Collaborative Academic Programs dari Universitas Walailak Thailand itu juga menjabarkan beberapa contoh pembelajaran BIPA, mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca, menulis dan menerapkan tata bahasa.

Dr. Gatut aktif berinteraksi kepada seluruh mahasiswa, termasuk tiga mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah yang berasal dari Pattani, Thailand Selatan.

Selain memaparkan materi, seluruh peserta juga dibagi menjadi empat kelompok dalam mempraktikkan strategi pengajaran BIPA sesuai instruksi.

Setiap kelompok kemudian berdiskusi menyusun demi kata menjadi sebuah kalimat berantai.

Masing-masing peserta kemudian mempresentasikan hasil diskusi dengan suasana serius namun penuh canda tawa.

Agenda bimtek pembelajaran BIPA yang diselenggarakan Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan sesi foto bersama.