Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Gelar Sosialisasi Kebijakan dan Pelaksanaan MBKM Demi Perkuat Pengalaman Mahasiswa

TULUNGAGUNG – Prodi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung menggelar sosialisasi pelaksanaan kurikulum MBKM pada Senin, 22 Agustus 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung KH Arief Mustaqim dengan menghadirkan segenap civitas akademika terkait.

Siti Zumrotul Maulida selaku Koorprodi Tadris Bahasa Indonesia menjelaskan kurikulum MBKM sangat penting untuk memperkuat pengalaman mahasiswa menimba ilmu di kampus lain. Menurutnya, program kampus merdeka mendidik mahasiswa untuk belajar secara merdeka demi membentuk kualitas manusia yang sesuai dengan kapasitas.

“Program MBKM memungkinkan seluruh mahasiswa berkesempatan belajar di perguruan dalam negeri maupun luar negeri,” jelas dosen yang akrab Bu Maulida itu.

Sosialisasi pelaksanaan MBKM akan membuat mahasiswa berkembang secara ilmu pengetahun juga kebudayaan. Menurut Bu Maulida dalam sambutannya, wawasan kebhinnekaan mahasiswa akan semakin terbentuk dengan persaudaraan lintas suku dan budaya.

Dalam kesempatannya, Bu Maulida juga menjelaskan manfaat program MBKM adalah dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan soft skills maupun hard skills yang dimiliki mahasiswa. Diharapkan, MBKM akan menunjang mahasiswa menjadi alumni yang siap menjadi generasi penerus berkualitas serta mencetak pemimpin masa depan bangsa yang unggul.

“Mahasiswa akan lebih menyenangkan dalam belajar karena adanya keleluasaan sesuai dengan bidang yang diminati,” lanjutnya.

Menurutnya, program MBKM siap memenuhi kebutuhan peningkatan sumber daya manusia untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Mahasiswa juga mendapat kesempatan belajar, melakukan kerja sama, membangun kepekaan sosial dan kepedulian lewat keanekaragaman budaya, lingkungan, kepercayaan serta opini sesama mahasiswa.