Penguatan Karakter Islami, TBIN Membudayakan Kegiatan Doa dan Membaca Surah Pendek

Tulungagung-Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung atau yang dikenal dengan nama UIN SATU berkomintemen untuk mewujudkan kampus dakwah dan peradaban. Sebagai bagian dari implementasi misi tersebut, seluruh prodi menyelenggarakan kegiatan rutin berdoa bersama sebelum dan sesudah perkuliahan serta membaca surah pendek.

Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) merupakan salah satu prodi yang senantiasa membudayakan kebiasaan ini sejak awal berdiri hingga saat ini. Bahkan Prodi memiliki jadwal khusus (target) bacaan mingguan untuk semester I hingga VI. Hal ini untuk menjaga konsistensi, kedisiplinan, dan kelancaran pelaksanaan kegiatan ini.

Rahmawati Muyaningtyas, M.Pd. selaku dosen TBIN saat ditemui dalam kegiatan perkuliahan memaparkan, “Kegiatan ini harus digalakkan dan dilaksanakan setiap perkuliahan agar mahasiswa dan dosen senantiasa menginternalisasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.”

Kegiatan pembiasaan membaca surah pendek selain menghadirkan ketenangan dan kesiapan batin selama perkuliahan, juga bermanfaat untuk menyiapkan mahasiswa dalam mengikuti ujian komprehensif. Dalam ujian tersebut, mahasiswa harus menghafal sejumlah surah yang dipilih secara acak.