Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Jalin Kolaborasi Seminar Internasional dengan Rusia, India dan Sri Lanka

TULUNGAGUNG – Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengikuti kegiatan seminar internasional dengan pemateri dari negara Rusia, India dan Sri Lanka.

Seminar internasional kali ini bertajuk ‘The Common Prospect in The Field of Indonesian Language, Literature and Culture Under Interdisiplinary Scientific Framework‘ secara luring dan daring di Hotel Assalam Syariah, Solo pada 1 September 2022.

Pembicara kegiatan ini berasal dari tiga negara yakni Rusia, India dan Sri Lanka. Anuka Iraj Jayaratna selaku General Manager of Mas Arya dari Sri Lanka dalam kesempatan ini menjadi pemateri bersama dengan Banit Svetlana Viktorovna dari St Petersburg State University Rusia dan Gautam Kumar dari Jawaharlal Nehru University India.

Agenda ini juga menghadirkan pembicara kunci yakni Dr. Muhammad Rohmadi selaku ketua ADOBSI dan Prof. Ajay Dubey

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) bekerjasama dengan IPTABI, Jawaharlal Nehru University, PT Mas Arya Indonesia, Unnes, UNS dan UNY.

Agenda berskala internasional ini merumuskan kesepakatan Grup Diskusi Terumpun mengenai lima program kolaborasi bersama di bawah naungan ADOBSI.

Lima program tersebut antara lain pertukaran mahasiswa dan dosen, penyelenggaraan kegiatan seminar internasional, pengelolaan jurnal bersama, penelitian dan publikasi serta penyusunan bookchapter.