Menduniakan Bahasa Indonesia, Tadris Bahasa Indonesia Gelar Bimbingan Teknis Pengajaran BIPA

Tulungagung–Untuk penguatan Program Kebipaan, Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengajaran BIPA.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 24 November 2022 di Aula Gedung Arief Mustaqiem ini dihadiri oleh pakar, BIPA Dr. Gatut Susanto, M.M yang merupakan dosen Universitas Negeri Malang (UM) sekaligus sebagai Ketua APPBIPA Jawa Timur dan Dr. Umi Kulsum, S.S., M.Hum selaku Ketua Balai Bahasa Jawa Timur yang juga pegiat BIPA.

Bimbingan teknis yang berlangsung pukul 08.00-12.00 WIB ini diikuti oleh 62 mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia yang mengambil Program BIPA. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam bagi mahasiswa terkait sistem pembelajaran BIPA, perubahan dalam dunia pembelajran BIPA yang harus diketahui, tantangan yang akan dihadapi ketika menjadi seorang pengajar BIPA, dan tips dan trik mendapatakan peluang untuk menjadi seorang pengajar BIPA.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapat kesempatan lebih banyak untuk berdiskusi tentang pengaran BIPA. Pada akhir penyampaian materi, Ibu Umi Kulsum berharap agar seluruh penyelenggara BIPA tetap memiliki sarana yang menyenangkan bagi pemelajar asing. Terlebih pada prodi yang memiliki program BIPA.